WeLcOmE My WeBsItE bY :DeNiE

top website nih....

TOP WEBSITE NIH...

Minggu, 29 Juni 2008

9. Sharing data (sumber)

Resource Sharing Windows XP

Diarsipkan di bawah: Harian, Iseng, Oprek, tips acak — dobelden @ 11:56 am

Salah satu keuntungan jaringan komputer adalah resource sharing ato dalam bahasa sehari-hari adalah pemakaian bersama suatu source / sumber data atau sumber daya.

Hal yg perlu diperhatikan saat akan membuat sharing di windows Xp diantaranya adalah :

  • Pastikan Blok Ip address dalam jaringan sudah sama.
  • Pastikan workgroup dalam jaringan sudah sama.
  • Pastikan computer name masing2 komputer dalam jaringan berbeda.

Cukup 3 itu saja syarat utamanya, dan untuk melakukan sharing suatu folder bisa dilakukan seperti ini :

Buka eksplore lewat klik kanan start menu –>> explorer dan cari folder yg akan kita sharing,

sharing.jpg

lakukan seperti yg tertera digambar diatas, klik kanan folder –>> pilih sharing and security

sharing1.jpg

kemudian pilih network sharing and security dan dua opsinya di checklist / centang. klo dah selesai di Apply trus di Ok, klo sudah jadi sharingnya makan akan terlihat tanda seperti dibawah ini :

sharing2.jpg

untuk cara aksesnya.. silahkan ketikkan ip komputer anda di address bar seperti dibawah ini :

sharing3.jpg

Jika mau mengakses sharing data yg ada di komputer lain, tinggal merubah ip address yg ada di address bar tersebut :) bila sudah bisa dan lancar… maka sudah berhasil sharing kita.

Namun yg perlu diperhatikan jika melakukan sharing data adalah pastikan data yg anda sharing adalah data umum bukan data pribadi dan sangat rahasia…

karena kejahatan terjadi bukan hanya karena adanya niat pelaku, tp juga karena ada kesempatan… waspadalah waspadalah ;)

Tidak ada komentar: